Resep Bakpia Kukus ala Tugu Jogja

Pengantar



Bakpia kukus merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang sudah populer sejak lama. Bakpia kukus ala Tugu Jogja menjadi salah satu varian yang terkenal di Yogyakarta. Kue ini banyak dijual di sekitar Jalan Malioboro dan menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan. Berikut adalah resep lengkap untuk membuat bakpia kukus ala Tugu Jogja yang enak dan gurih.


Bahan-bahan




  • 300 gram tepung ketan

  • 100 gram tepung terigu

  • 100 gram gula pasir

  • 75 ml air matang

  • 75 ml minyak sayur

  • 1/2 sendok teh garam

  • 1 sendok teh pasta pandan

  • 1/2 sendok teh pasta ubi ungu

  • Kacang hijau secukupnya (sebelumnya direbus hingga empuk)



Cara Membuat




  1. Campurkan tepung ketan, tepung terigu, gula pasir, dan garam di dalam sebuah wadah. Aduk rata.

  2. Tambahkan air sedikit-sedikit dan aduk hingga adonan bisa dipulung.

  3. Tambahkan minyak sayur dan aduk rata.

  4. Pisahkan adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi pasta pandan dan satu bagian lagi diberi pasta ubi ungu. Bagian yang terakhir dibiarkan polos.

  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil.

  6. Pipihkan bola-bola tersebut dan beri kacang hijau di tengahnya.

  7. Lipat adonan hingga kacang hijau tertutup rapat.

  8. Kukus bakpia selama 20-25 menit.

  9. Bakpia kukus ala Tugu Jogja siap disajikan.



Tips dan Trik



Untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang sempurna pada bakpia kukus ala Tugu Jogja, pastikan adonan cukup lembut dan tidak terlalu kering. Jangan terlalu banyak memberi kacang hijau pada adonan karena dapat membuatnya sulit untuk dilipat. Pastikan juga uap air dalam panci kukusan tidak masuk ke dalam loyang bakpia, sehingga bakpia tidak menjadi basah.


Varian Alternatif



Anda dapat mencoba membuat bakpia dengan isian kacang hijau yang sudah dicampur dengan kelapa parut. Anda juga bisa menambahkan wijen atau kacang tanah sebagai variasi rasa. Jika ingin lebih sehat, gunakan gula aren atau madu sebagai pengganti gula pasir.


Manfaat Kesehatan



Bakpia kukus ala Tugu Jogja mengandung karbohidrat, protein, dan serat dari tepung ketan dan kacang hijau. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya dapat memberikan energi bagi tubuh. Serat yang terdapat dalam kacang hijau juga baik untuk pencernaan. Namun, karena mengandung gula, sebaiknya di konsumsi dengan bijak.


Kesimpulan



Sekarang Anda sudah tahu resep lengkap untuk membuat bakpia kukus ala Tugu Jogja yang enak dan gurih. Silakan mencoba di rumah dan berbagi pengalaman Anda di bagian komentar. Selamat mencoba!

close